FIP SIAP SAMBUT GENERASI MERAH PUTIH

0
Karikatur by: Wistri

Panitia Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) antusias menyambut kedatangan mahasiswa baru (Maba). Hal ini terlihat dari semangat panitia menggarap dekorasi berbentuk gapura yang rencananya akan diletakkan di luar Gedung Kuliah Bersama (GKB) saat PKKMB berlangsung.

Ardiansyah Prainhantanto, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FIP menjelaskan bahwa tema PKKMB FIP tahun ini adalah “Generasi Merah Putih”. Tema tersebut bertepatan dengan momen hari kemerdekaan Indonesia. “Tujuannya, untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 72,” tutur laki-laki yang akrab disapa Ardi ini.

Selain Generasi Merah Putih sebagai tema, FIP juga mengusung maskot berupa Garuda yang diangkat dari kisah pewayangan. “Garuda pewayangan ini secara umum memiliki sifat rela menolong, membela, dan bertanggung jawab,” ujar Ardiansyah. Mahasiswa angkatan 2014 ini juga mengutarakan harapan panitia agar Maba 2017 memiliki keberanian untuk memihak kepada masyarakat tertindas.

Hamdan Yuwafi, Maba Pendidikan Luar Sekolah (PLS) berpendapat, “Dari namanya mungkin ada kaitannya dengan isu nasionalisme yang sudah mulai goyah gara–gara khilafah ya, mungkin nanti lebih ditekankan soal nasionalisme dan patriotisme,” jawabnya ketika ditanya mengenai tema PKKMB FIP 2017.

Berbeda dengan Meutia Tiesa Aprilliane, Maba jurusan Bimbingan Konseling (BK) yang berpendapat bahwa tema yang diusung oleh FIP ini menggambarkan generasi bangsa yang diliputi oleh semangat merah putih dan punya nilai nasionalisme.

Ardi berharap Maba dapat menanamkan rasa cinta tanah air dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan membaca Tri Dharma Perguruan Tinggi ketika pelaksanaan PKKMB. Selain mencitai tanah air, pihak panitia menyadari, Maba berada dalam masa transisi dari siswa ke mahasiswa. Oleh karena itu, akan ada kegiatan mentoring yang bertujuan menyiapkan mental Maba dalam menjalani aktivitas kampus. Selain itu, panitia PKKMB FIP berinisiatif untuk memberi sarana sosialisasi untuk Maba dengan adanya pembagian kelompok besar, terdiri dari 24 hingga 26 orang per kelompok. (aqb/snt/amn//tta)

Tinggalkan Balasan