[#SiaranKKN] Hei, Kita Ke sana Ngapain?

0
#SiaranKKN - edisi akhir.

KKN atau Kita Kesana Ngapain? adalah rubrik khusus bagi kontributor Siar Online untuk menuliskan kisah program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang tengah diikuti.

Bagi yang mungkin belum mengetahui, KKN adalah salah satu program wajib tahunan Universitas Negeri Malang untuk mengabdi kepada masyarakat guna mewujudkan tridharma perguruan tinggi. Sebagai kegiatan akademik, KKN tercantum dalam pedoman akademik UM.

Tulisan ini tidak akan menjelaskan mengenai sejarah KKN atau petunjuk teknis lain karena hal-hal tersebut sudah dijelaskan dalam buku petunjuk teknis pelaksanaan KKN.

Namun, dari buku panduan tersebut kita dapat membaca dan menelaah visi, misi, dan tujuan yang disusun atau diharapkan tercapai dengan adanya program KKN ini.

Visi, misi, dan tujuan tersebut berpusat pada bagaimana program KKN dapat menjadi sebuah sarana pemberdayaan masyarakat.

Mahasiswa diibaratkan sebagai jembatan pembangunan yang menjadi perantara langsung bagi masyarakat untuk menuju kemajuan. Mahasiswa diharapkan dapat melakukan pembelajaran sosial maupun diseminasi ilmu pengetahuan yang sesuai dengan budaya akademik, keahlian atau otonomi keilmuan mahasiswa, serta kondisi sosial budaya masyarakat setempat.


Desa yang menjadi tempat tujuan, dapat dianalogikan sebagai laboratorium pembelajaran sosial bagi mahasiswa. Hal itu tentu saja akan berbeda dengan bagaimana saat mahasiswa menjalani kegiatan akademika di kampus dan kota. Permasalahan yang terjadi dalam lingkup masyarakat diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga yang sesuai dengan realitas sosial saat ini.

Kembali pada peran mahasiswa sebagai agent of change, KKN tentu saja merupakan sebuah wadah yang baik untuk mewujudkan kembali sebutan yang sudah lama tersemat untuk mahasiswa.

Karena mengutip dari Tan Malaka, “Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali.”

Jadi, untuk teman-teman mahasiswa UM yang tengah mengikuti KKN UM 2019: Bersikap, Berbuat untuk Mengabdi!
Siar membuka (ya sambil sedikit menantang sih) teman-teman untuk menceritakan program KKN yang sedang dijalani, Kita Kesana Ngapain?

Kirimkan tulisan #SiaranKKN kelompok kalian untuk dimuat di www.siarpersma.id melalui e-mail kami: siarlpm@gmail.com dengan subject “#SiaranKKN_Lokasi KKN” atau dapat melalui WhatsApp +6283111646499.

Ketentuan:

  1. Tulisan berjenis soft news. (berbeda dengan reportase, soft news memiliki narasi yang ringan, menghibur, serta menonjolkan human interest)
  2. Tulisan tidak hanya berkaitan tentang kegiatan yang dilakukan, bisa juga menuliskan kondisi sosial budaya, opini tentang kegiatan KKN, atau kisah menarik yang dialami. (Bukan kisah cinta lokasi)
  3. Bernarasikan 500-750 kata format file docx. Sertakan file foto secara terpisah dalam format jpg/png. (Bukan di dalam file docx bersama tulisan)
  4. Pengirim tidak keberatan bila tulisannya diedit untuk disesuaikan dengan kaidah kebahasaan yang baik dan benar serta jenis tulisan yang telah ditentukan (tidak merubah konten yang disampaikan).

Buat kisah KKN-mu dibaca banyak orang dan lebih berkesan serta terarsipkan dengan aman.

Kami tunggu ya!

Hidup mahasiswa!

Tinggalkan Balasan