Peduli Literasi, Mahasiswa KKN Bersama Karang Taruna Dirikan Taman Edukasi

0
#SiaranKKN - edisi akhir.

Selasa (25/6) telah berlangsung peresmian Taman Edukasi. Taman ini terletak di halaman rumah Ibu Nurul, salah seorang warga Desa Sengguruh yang juga merupakan kader dari Posyandu Desa.

Taman Edukasi sendiri merupakan program kerja utama dari mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang tahun 2019 di Desa Sengguruh.

Mahasiswa melakukan pendampingan kepada Karang Taruna desa dalam proses pembuatannya. Seperti membuat desain layout, tata ruang, melakukan pendampingan sistem perpustakaan, melakukan pendampingan konsep eco break, dan juga pendampingan dalam pengelolaan struktur keorganisasian yang ada di Taman Edukasi.

Peresmian Taman Edukasi.

Dimas Nugroho selaku ketua pelaksana program kerja dalam sambutannya menyatakan bahwa tujuan utama dari program kerja ini adalah untuk meningkatkan budaya literasi di Desa Sengguruh. Mahasiswa Teknik Sipil tahun ketiga ini juga menyatakan bahwa budaya literasi tidak hanya berbentuk budaya membaca saja, melainkan budaya menulis juga menalar.

Menurut Aan, salah seorang anak yang terdaftar sebagai anggota Taman Edukasi menyatakan bahwa dirinya senang dengan adanya Taman Edukasi. Ia yang bercita-cita menjadi pilot ingin belajar dan membaca banyak buku, dengan adanya taman edukasi ia bisa datang dan meminjam buku sesering yang ia mau.

Hasil mural kolaborasi mahasiswa KKN dan Karang Taruna.

Banyak sekali anak-anak yang antusias datang. Beberapa anak terlihat bermain engklek, beberapa terlihat duduk dengan buku di tangannya dan sebagian lainnya bermain kejar-kejaran.

Ibu Nurul yang merupakan pemilik lahan yang digunakan sebagai Taman Edukasi sangat berterima kasih dengan adanya Taman Edukasi ini. Beliau yang sehari-harinya mengadakan bimbel bagi anak yatim berharap agar kedepannya anak-anak makin bersemangat belajar dan dapat mengembangkan kreatifitas.

Pojok baca di Taman Edukasi.

Program kerja ini akan terus berlanjut, mengingat adanya Taman Edukasi bukanlah semata hanya taman biasa, melainkan sebuah wadah bagi warga untuk belajar bersama-sama.

Dengan pendampingan struktur keorganisasian, harapannya selepas mahasiswa KKN selesai melakukan pengabdian maka keberlanjutan Taman Edukasi bisa terus eksis, dan menjadi daya tarik di Desa Sengguruh.  

Pewarta & Fotografer: Lisa Nur M.

Penyunting: Rizka Ayu

Tulisan ini berasal dari kontributor rubrik spesial 
[#SiaranKKN] – Hei, Kita Ke sana Ngapain? untuk mewadahi dokumentasi kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

BAGIKAN
Berita sebelumyaOverdosis
Berpikir Merdeka Menyajikan Wacana

Tinggalkan Balasan