Universitas Negeri Malang (UM) – Grand Final pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) 2017 dilaksanakan meriah di Gedung Graha Cakrawala (Gracak) pada Selasa, (18/4). Mawapres kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pertama kalinya diselanggarakan dengan meriah di gedung Gracak dan mendatangkan guest star karena pada tahun sebelumnya hanya diadakan secara sederhana tanpa harus maju di atas panggung.

Dalam sambutannya, Ahmad Rofi’udin, Rektor UM, mengatakan bahwa siapapun yang berhasil meraih juara tujuan akhirnya adalah untuk menorehkan prestasi tidak hanya di tingkat Malang, namun juga nasional. “Kita ingin menunjukkan pada Indonesia bahwa UM itu ada, UM bisa, dan dapat menorehkan tinta emas,” ucap Rofi’udin. Selain itu, kegiatan ini untuk mencari keseimbangan dalam segi aktivitas intelektual, moral, dan sosial sehingga mahasiswa dapat menyeimbangkan kemampuannya baik di bidang akademik maupun nonakademik. Oleh karena itu, kegiatan pemilihan Mawapres rutin diselenggarakan dari tahun ke tahun.

Seleksi yang diterapkan dalam pemilihan Mawapres cukup panjang. Tes awal dilaksanakan di setiap fakultas hingga didapat tiga delegasi terbaik, yang nantinya akan bersaing secara sehat di atas panggung. Mereka bersaing dalam memperebutkan gelar juara 1, 2, dan 3 tingkat fakultas, juara 1, 2, dan 3 tingkat universitas, juara favorit tingkat universitas, dan juara berbakat tingkat universitas. Dalam penyeleksian tersebut mahasiswa diberikan beberapa tes, diantaranya tes kepribadian, Karya Tulis Ilmiah (KTI), presentasi KTI bahasa Indonesia, tes tulis bahasa Inggris , tes bahasa Inggris aktif, penilaian presentasi, grand final presentasi KTI bahasa Indonesia, dan question dari dewan juri.

Tahapan panjang yang telah dilalui 26 peserta, selanjutnya akan membuahkan sepuluh besar terbaik. Kemudian diseleksi lagi menjadi lima besar, tiga mahasiswa dari program sarjana dan dua mahasiswa dari program diploma. Setelah melalui seleksi yang cukup panjang dan ketat, akhirnya terpilihlah juara Mawapres UM 2017.

Juara pertama program sarjana berhasil diraih oleh Tsania Nur Diana, mahasiswi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, juara kedua diraih oleh Shovi Maryam, mahasiswi Fakultas Sastra, dan juaran ketiga diraih oleh Reika Ariyani, mahasiswi Fakultas Pendidikan Psikologi. Untuk program diploma juara pertama berhasil diraih oleh Wahyu Eka Nur Handini dari Fakultas Sastra. Sedangkan Mawapres katagori berbakat diraih oleh Nuriyatul Hidayat dari Fakultas Sastra dan untuk katagori favorit diraih oleh Yoga Satria Aji Kuncoro dari Fakultas Ekonomi. Selain pertunjukan dari para mahasiswa berprestasi acara ini juga dimeriahkan oleh Organisasi Pecinta Musik (Opus) 275 UM, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Swara Satata Cakti UM, dan ditutup oleh guest star, Sumber Kencono. (bia//hna)

Tinggalkan Balasan