Forum Komunikasi (Forkom) telah memasuki setengah tahun kepengurusannya. Mahasiswa yang aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tentu tidak asing lagi dengan Forkom. Apalagi, semenjak dikeluarkannya peraturan pembatasan aktivitas mahasiswa di Universitas Negeri Malang (UM), Forkom juga aktif dalam memperjuangkan pembatalan peraturan ini. Hal tersebut menyebabkan keberadaan Forkom tidak dapat dikesampingkan begitu saja dari Organisasi Mahasiswa (Ormawa) UM. Jadi, apakah Forkom itu?

Forkom merupakan sebuah forum yang beranggotakan seluruh ketua dari UKM UM. Pada tahun 2007-an anggota Forkom bukan hanya terdiri dari ketua UKM saja, tetapi semua anggota delegasi dari setiap UKM. Sama halnya dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Forkom mengemban misi untuk menampung aspirasi-aspirasi bersama dari setiap UKM untuk kemudian disampaikan ke Birokrat, sehingga Forkom ada sebagai jembatan informasi antara Birokrat dan UKM.

Pada Februari 2017 telah berlangsung rapat untuk pemilihan Lurah UKM (sebutan untuk ketua Forkom), kemudian terpilihlah Tri Purnawati ketua UKM Penulis sebagai Lurah UKM periode 2017. Pada 23 Februari 2017, dilaksanakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) pengurus UKM UM oleh Wakil Rektor III dan dihadiri oleh seluruh Ketua UKM UM dan mahasiswa UM di gedung Sasana Budaya.

Selama setengah tahun kepengurusannya, Forkom sempat memperjuangkan penghapusan Surat Keputusan (SK) Rektor No 11 tahun 2016 tentang aturan pembatasan aktivitas mahasiswa di UM. Mulai dengan melakukan mediasi ke rektorat berkali-kali, sampai mengumpulkan suara mahasiswa untuk menolaknya. Namun, usaha tersebut belum berhasil dilakukan.

Tri mengungkapkan bahwa tidak banyak perbedaan mengenai program kerja (proker) kepengurusan tahun lalu dan sekarang, hanya saja ada kegiatan baru yang akan diselenggarakan oleh Forkom yaitu UKM Day. “UKM Day diselenggarakan seperti pentas seni UKM setelah Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKMB),” tutur Tri. Selain program kerja Tri juga menjelaskan bahwa hubungan antara UKM dengan BEM dan DPM sudah terjalin dengan baik, “Kalau tahun dulu-dulu kan sering ada isu hubungan UKM-BEM kurang enak, tapi sekarang lebih diperbaiki, kami sadar kalau kami bersatu, ormawa UM akan lebih kuat. Kami sering ngopi bersama dengan ketua BEM dan DPM.”

Tinggalkan Balasan