Gedung Sasana Budaya,  Rabu (11/10)  hari ketiga berlangsungnya Pameran Karya (PK) Unit Kegiatan Mahasiswa Penulis (UKMP) Universitas Negeri Malang (UM). Di hari ketiga ini, pelaksanaan PK berfokus pada acara “Malam Ilmiah” dengan bedah artikel  penelitian yang berjudul “Hubungan Keaktifan Berorganisasi Unit Kegiatan Mahasiswa dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Universitas Negeri Malang”.  Acara bedah artikel ini, dimulai pukul 18.30 WIB dan dihadiri kurang lebih 28 orang. Meskipun dengan jumlah peserta yang tidak terlalu banyak, peserta “Malam Ilmiah” tetap antusias. Hal tersebut terlihat dengan munculnya berbagai macam pertanyaan yang diajukan oleh peserta.

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh kalangan mahasiswa, Ismail Lutfi, Pembina UKMP, Dosen Fakultas Ilmu Sosial (FIS) pun ikut meramamaikannya. Ia pun memberi pesan pada mahasiswa , “Saya menekankan kepada mahasiswa terutama di UM pahami betul bahwa dalam menulis karya ilmiah berbeda dengan menulis sastra di mana di UM sudah punya acuan dan koridor, yaitu Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (PPKI)  agar kita diberi kemudahan,” tuturnya.

Amalia Rahmadani, mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam mengatakan bahwa ia termotivasi dengan salah satu ungkapan yang dinyatakan oleh pemateri, “Saya termotivasi dengan kata-kata pemateri “be your self”, dimana hal ini menjadikan mahasiswa untuk jujur dan tidak copy paste artikel serta terjemahan bahasa Inggris yang dicomot langsung dari google translate,” ujar mahasiswa angkatan 2016 ini.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Sofwatul Widad Ardiana Putri, mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia, ia mengatakan bahwa bedah artikel  cukup memberikan kepuasan dengan penyampaian materi yang dipaparkan. “Banyak ilmu yang didapatkan terutama menjadi lebih teliti lagi dalam membuat karya tulis,” tutur mahasiswa semester tujuh ini. (tet//bia)

Tinggalkan Balasan