Malang—Desa Blayu merupakan salah satu desa di Kecamatan Wajak. Secara geografis, Desa Blayu merupakan dataran rendah dengan luas 3.764,5 Ha. Lahan persawahan yang luas namun dekat dengan pusat perkotaan, Desa Blayu memiliki potensi dibidang pertanian, pariwisata, dan kerajinan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Potensi Desa Blayu di bidang pariwisata diwujudkan dengan dibangunnya Wisata Blayu Lesti Lestari (WBLL) yang merupakan wisata kolam renang untuk sarana edukasi dan olahraga. Potensi dibidang pertanian diwujudkan dengan budidaya tanaman mendong, kebun buah belimbing, dan jamur tiram. Sedangkan potensi bidang kerajinan UMKM diwujudkan dengan adanya pengrajin serat dari tumbuhan mendong yang telah dibudidayakan.

Informasi web desa merupakan salah satu akses yang dapat mempermudah masyarakat umum untuk mengetahui informasi apa saja mengenai desa. Informasi di web Desa Blayu masih belum terisi banyak informasi mengenai desa, seperti keadaan desa beserta potensi-potensi yang dimiliki Desa Blayu. Hal inilah yang mendorong mahasiswa KKN UM untuk mengisi atau menginput informasi-informasi mengenai Desa Blayu pada Kamis (18/6).

Mahasiswa UM KKN dan KAUR Keuangan dan Operator Website Desa Blayu

Tujuan diperbarui dan dikembangkan informasi di web ini agar potensi-potensi yang ada di Desa Blayu dapat dikenal luas oleh masyarakat umum. Salah satu caranya yaitu dengan menata pengelolaan desa melalui informasi web desa.

Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan pekerjaan mengenai profil desa harus terhenti. Hal tersebut karena Tim IT Desa Blayu bekerjasama dengan petugas lainnya untuk mengerjakan yang lebih urgent. Untuk itu, Mahasiswa KKN UM berinovasi untuk melakukan tugas pembaruan dan pengembangan web Desa Blayu.

Eko Winarno, selaku Kepala Urusan (KAUR) Keuangan dan Operator Website Desa Blayu mengatakan bahwa program kerja pengembangan web yang dilakukan mahasiswa KKN UM ini sangat membantu tim IT Desa Blayu.karena dimasa ini banyak hal yang perlu dikerjakan, waktunya habis digunakan untuk itu, sehingga dalam mengisi website perlu bantuan”.

Harapan mahasiswa KKN UM, adanya pembaruan dan pengembangan web ini memberikan manfaat dan berdampak baik terhadap potensi Masyarakat Desa Blayu yang nantinya dapat dikenal oleh masyarakat umum, luar kota bahkan sampai mancanegara.

Penulis : Rinda Harjuna

Fotografer : Adi Irawan, S.Pd

Penyunting: Mita

*Tulisan ini berasal dari kontributor rubrik spesial  [#SiaranKKN] – Hei, Kita Ke sana Ngapain? untuk mewadahi dokumentasi kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan Balasan