Corona Virus Disease (COVID-19) dinyatakan sebagai pandemi per tanggal 11 Maret 2020 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ini berarti skala penyebaran penyakit yang terjadi telah mengglobal, ada di seluruh dunia pun termasuk Indonesia, tidak terkecuali Papua yang merupakan wilayah paling timur Indonesia. Papua menjadi salah satu wilayah yang tinggi kasus positif virus COVID-19. Data per tanggal 23 Juni 2020 menunjukkan, kasus positif COVID-19 sebanyak 1.495 orang, sementara pasien sembuh sebanyak 297 orang, dan pasien yang meninggal dunia sebanyak 7 orang.

Tingginya kasus COVID-19 di Papua membuat masyarakat merasa khawatir untuk beraktivitas di luar rumah, terutama Masyarakat Kota Jayapura. Melihat fenomena ini, Mahasiswa KKN DR ARSO 3 IAIN Fattahul Papua mengadakan kegiatan penjualan masker yang bertempat di sekitar Pantai Hamadi, Kota Jayapura. Kegiatan ini diharapkan mampu menghimbau kepada masyarakat Kota Jayapura untuk senantiasa mengenakan masker sebagai upaya pencegahan virus COVID-19. Selain berjualan, Mahasiswa KKN DR ARSO 3 mengadakan sosialisasi mengenai manfaat menggunakan masker serta dampak apabila tidak menggunakan masker pada masa pandemi ini.

Kegiatan penjualan masker handmade oleh Mahasiswa KKN

Masker yang diperjualbelikan merupakan handmade ayah dari salah satu Mahasiswa KKN DR ARSO 3. Masker dengan motif batik khas Papua ini terdiri dari varian warna yang menarik. Masker tersebut dijual dengan harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat Kota Jayapura yaitu Rp 10.000/masker. Hasil dari penjualan masker yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN DR ARSO 3 menjadi salah satu sumber dana untuk keperluan Mahasiswa KKN dalam menyelenggarakan berbagai program kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Harapan Mahasiswa KKN DR ARSO 3 IAIN Fattahul Muluk Papua, kegiatan penjualan masker seperti yang diselenggarakan saat ini semoga mampu memberikan manfaat kepada seluruh pihak, khususnya Masyarakat Kota Jayapura.

Penulis: Yulia Sulistiyo Rini

Fotografer: Bambang Edi Tilarsono dan Abdul Waris

Penyunting: Mita

*Tulisan ini berasal dari kontributor rubrik spesial  [#SiaranKKN] – Hei, Kita Ke sana Ngapain? untuk mewadahi dokumentasi kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan Balasan