Sampai saat ini pasien positif Covid-19 terus melonjak khususnya di wilayah Jawa Timur. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan Juru Bicara Pemerintah dalam penanganan Covid-19, Achmad Yulianto, bahwa penambahan kasus paling banyak terjadi di Wilayah Jawa Timur dengan jumlah kasus 247 disusul DKI Jakarta dengan jumlah kasus 190. Seiring bertambahnya jumlah kasus tersebut, mengharuskan kita hidup berdampingan dengan virus corona serta tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku.

Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa UM yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) berkontribusi dalam upaya memberikan edukasi terkait penyebaran Covid-19 dengan melakukan pemasangan banner di beberapa RW di Desa Bunut Wetan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang pada Kamis (25/06).

Pemasangan banner

Pemasangan banner bertujuan memberikan informasi mengenai gejala klinis, penyebaran, dan panduan mencuci tangan yang benar sesuai informasi yang didapat dari Kementerian Kesehatan Nasional. Menuju New Normal Life, banner ini diharapkan mampu memberikan kesadaran bagi Warga Desa Bunut Wetan agar waspada mengenali gejala klinis Covid-19 dan senantiasa melakukan langkah-langkah pencegahan Covid-19. Ahmad Nurabadi selaku dosen pembimbing lapangan menegaskan, “Melalui publikasi ini, diharapkan warga semakin paham dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari”.

Pemasangan banner di titik strategis

Publikasi banner nantinya dilakukan tidak hanya bagi Warga Desa Bunut Wetan saja tetapi disebar luaskan melalui media sosial. Pemasangan banner dilakukan dari pukul 09.00 s/d 11.30 WIB dengan pengamanan dari Babinsa Serda Alimudin, Babin kantibmas Bripka  Hotriani kp dan turut serta Bapak Buchori selaku Kepala Desa bersama perangkat desa Bunut Wetan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Sasaran pemasangan banner antara lain ditujukan ke beberapa RW sebagai berikut:

1.RT. 01 RW. 04

2.RT. 06 RW. 06

3.RT. 04 RW. 06

4.RT. 07 RW. 02

5.RT. 02 RW. 01

6.RT. 06 RW. 04

7.RT. 01 RW. 07

Masing-masing banner dipasang pada beberapa titik strategis yang memang menjadi pusat perhatian warga seperti di dinding luar rumah warga, jalan belokan, maupun di depan masjid.

Pewarta: Siti Anisah dan Izza

Fotografer: Izza

Penyunting: Mita

*Tulisan ini berasal dari kontributor rubrik spesial  [#SiaranKKN] – Hei, Kita Ke sana Ngapain? untuk mewadahi dokumentasi kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan Balasan