Dunia tengah dilanda pandemi yang mengakibatkan banyak korban berguguran. Covid-19 di Indonesia kasusnya terus meningkat sejak bulan maret lalu. Jawa Timur menjadi provinsi yang mengalami penambahan kasus Covid-19 paling tinggi di Indonesia. Hal tersebut bisa kita putus rantai penyebarannya dengan mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah dan menjalani gaya hidup sehat.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, KKN Mahasiswa Universitas Negeri Malang  pada tahun ini dilaksanakan secara online, mahasiswa tidak diperkenankan untuk tinggal di desa. Salah satu kelompok KKN reguler Universitas Negeri Malang yang ditempatkan di Desa Kasembon Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang melaksanakan kegiatan membantu masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan membuatkan tempat cuci tangan dari galon bekas berjumlah 15 buah. Selain tempat cuci tangan, Masyarakat Desa Kasembon juga dibekali video tutorial cara mencuci tangan, dapat discan pada stiker yang ditempatkan disekitar tempat cuci tangan, dengan begitu masyarakat bisa mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar menggunkan sabun.

Penyerahan galon

Penyerahan dilakukan secara langsung bertempat di Kantor Desa Kasembon Rabu (24/6) dan diterima dengan baik oleh perangkat desa setempat.

Mahasiswa KKN UM juga membagikan tempat cuci tangan ke beberapa tempat seperti sekolah-sekolah yang berada di Desa Kasembon.

“Khusus untuk proker ini harapan kami, yang dikasihkan pada hari ini itu dapat menambah kekurangan yang ada di desa, karena kemarin dari desa memberikan tempat cuci tangan hanya dibeberapa titik. Semoga itu bermanfaat untuk menangani pandemi corona pada masa new normal di Malang” ujar Bapak Huda, selaku Kesejahteraan Rakyat Desa Kasembon berharap proker tersebut bermanfaat untuk warga desa khususnya dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Pewarta: Anggun Tri Novita Sari

Fotografer: Muhammad Rezky Febrian

Penyunting: Mita

*Tulisan ini berasal dari kontributor rubrik spesial  [#SiaranKKN] – Hei, Kita Ke sana Ngapain? untuk mewadahi dokumentasi kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan Balasan