Malang—Kelompok KKN DesaSelorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang meluncurkan Forum Edukasi yang dilaksanakan pada Senin (15/6) hingga Senin (22/6) di Kelompok Bermain Mutiara Bunda DesaSelorejo. Forum diskusi ini bertujuan untuk menjaga semangat siswa-siswi untuk tetap semangat belajar, yang mana diketahui generasi muda merupakan generasi penerus bangsa.

Masuknya Covid – 19 di Indonesia berdampak negatif dalam berbagai bidang, salah satunya bidang Pendidikan. Sistem pembelajaran tidak bisa dilakukan secara tatap muka dan sebagai gantinya pembelajaran dilakukan secara daring. Tentunya dalam pembelajaran daring terdapat banyak sekali persoalan yang mengakibatkan proses pembelajaran kurang maksimal. Ibu Retno selaku Sekertaris Desa Selorejo mengungkapkan bahwa semangat belajar anak – anak usia dini pada masa pandemik ini menjadi menurun. Oleh karena itu diluncurkanlah program kerja Forum Edukasi.

Forum Edukasi merupakan serangkaian kegiatan yang saling bersinergi untuk mengembalikan semangat belajar anak – anak usiadini yang meliputi pembuatan video edukasi, penyampaian video edukasi serta penyampaian kegiatan anak. Serangkaian kegiatan tersebut dilakukan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi Whatsapp sebagai wadah untuk berkomunikasi.   

Video edukasi untuk anak usia dini tentunya tidak jauh dari unsur bermain, maka konten dalam video tersebut meliputi: ajakan untuk berdoa sebelum belajar, ice breaking, materi, serta doa penutup. Adapun tema yang terkandung dalam video tersebut adalah ‘Tubuh Kita’, yang mana tema ini telah didiskusikan bersama guru yang bersangkutan. Penyampaian video dilakukan tiga kali dengan video yang pertama adalah menggambar tubuh, kedua menyanyikan lagu ‘duamatasaya’ dan yang ketiga penjelasan fungsi anggota tubuh. Setelah penyampaian video, anak – anak diminta menirukan apa yang dilakukan di video dan direkam oleh orangtua untuk dikirim di grup Whatsapp.

Pewarta: Helwa

Penyunting: Mita

*Tulisan ini berasal dari kontributor rubrik spesial  [#SiaranKKN] – Hei, Kita Ke sana Ngapain? untuk mewadahi dokumentasi kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan Balasan