Malang—Membantu meningkatkan ekonomi di Desa Sananrejo, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) berikan pelatihan bisnis online dan buku panduan “Cara Mudah Berbisnis Online” pada Jum’at (26/06).

Bertempat di Kantor Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, buku panduan bisnis online diserahkan secara langsung kepada Kepala Desa Sananrejo, Ibu Erna Yustining.

Ditengah pandemi Covid-19, masyarakat tengah berada di antara dua pilihan yakni menyelamatkan nyawa dan ekonomi. Faktanya, selain membahayakan kesehatan masyarakat, pandemi Covid-19 juga memukul hebat perekonomian global seiring kebijakan pembatasan sosial yang kini diterapkan di banyak negara untuk pandemi, yang mengakibatkan lonjakan pengangguran dan penduduk miskin dibanyak negara, termasuk Indonesia. Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) berinisiatif untuk melaksanakan pelatihan E-Commerce (bisnis online) dan membagikan buku panduan “Cara Mudah Berbisnis Online” dengan tujuan membantu meningkatkan perekonomian pelaku usaha di Desa Sananrejo.

Pelaksanaan pelatihan bisnis online dilaksanakan pada pukul 10.00 – 11.15 WIB. Selain memberikan materi pelatihan terhadap pelaku usaha, Mahasiswa KKN Desa Sananrejo Universitas Negeri Malang juga memberikan buku panduan “Cara MudahBerbisnis Online”. Kegiatan dihadiri kurang lebih 15 peserta pelaku usaha dengan mengikuti protokol kesehatan. Peserta yang datang diwajibkan untuk mengenakan masker dan cuci tangan dengan sabun sebelum memasuki tempat pelatihan. Hal ini juga diperhatikan, yaitu antara tempat duduk yang diberikan jarak sekitar satu meter.

Dengan adanya pelatihan bisnis online dan pembagian buku panduan, Mahasiswa UM yang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Sananrejo, berharap dapat membantu dalam meningkatkan perekonomian warga.

Pewarta : Angga Firman Setiawan

Fotografer : Anwar Aliansyah

Penyunting : Mita

*Tulisan ini berasal dari kontributor rubrik spesial  [#SiaranKKN] – Hei, Kita Ke sana Ngapain? untuk mewadahi dokumentasi kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan Balasan